101 Labs for the Cisco CCNA Exam

101 Labs for the Cisco CCNA Exam

B. Indonesia 1. Buatlah contoh bentuk teks fiksi dengan cerita bebas dan berikan judul ceritanya minimal 3 paragraf!

2. Buatlah contoh bentuk teks nonfiksi dengan cerita bebas dan berikan judul ceritanya minimal 3 paragraf​

1. Buatlah contoh bentuk teks fiksi dengan cerita bebas dan berikan judul ceritanya minimal 3 paragraf!

2. Buatlah contoh bentuk teks nonfiksi dengan cerita bebas dan berikan judul ceritanya minimal 3 paragraf​

Jawaban:

1. Teks Fiksi

“Capek..” Sesaat kalimat itu terdengar samar namun sangat jelas di telingaku. Tampaknya... Seorang matahari pagi yang hangat, yang selalu menyambut, akan lelah juga pada akhirnya. Tampaknya, pada akhirnya, bulan pun akan lelah untuk menempati bayangan matahari. Tampaknya, bunga matahari yang selalu mengikuti matahari akan lelah dan menguncup juga pada akhirnya. Apakah, musim semi akan selalu ada setelah musim dingin? Apakah bunga tidak akan lelah untuk gugur dan tumbuh kembali pada musim gugur dan musim semi? seorang matahari bisa merasa lelah... Apakah itu artinya semua manusia juga bisa lelah?

Tak pernah terbayangkan bertapa remuknya jiwamu saat kau berbaring. Membayangkan dan mengimpikan segala kejadian yang sudah terjadi dan yang akan mendatang. Tak pernah terasa bahwa waktu, setiap detik, setiap menit, setiap jam yang berlalu, pada akhirnya akan terus berdetik. Tak pernah terdiam oleh banyaknya orang yang datang dan pergi. Tapi... Kita selalu melihat apa yang menjadi objektif orang-orang memenuhi apa yang mereka inginkan. memenuhi segala yang mereka butuhkan. Kapan..? Kapan kau akan sadar bahwa dirimu sendiri juga manusia dan kau juga mempunyai keinginan dan kebutuhan? Kenapa kau tidak pernah sadar tentang apa yang kau butuhkan? Kenapa kau tak pernah sadar bahwa sebenarnya... Kau juga membutuhkan bantuan, pertolongan dan terkadang hak mu juga perlu di isi?

Aku tak mengerti, aku tak pernah mengerti. Kau selalu meminta maaf, selalu bersembah sujud pada mereka. Tapi kenapa kau tidak pernah meminta maaf pada dirimu sendiri? Apakah kau tidak tahu bahwa kau juga butuh yang namanya "maaf"? Apakah kau tidak tahu bahwa suatu saat, akan ada saatnya kau harus memaafkan dirimu sendiri? Aku tak pernah mengerti. Tolong sadarlah, kau tidak bisa menahan semuanya sendiri. Kau membutuhkan pertolongan dari orang orang.

2. Teks Fiksi

Blacky Si Kucing Setia

Maulana adalah seorang penyayang binatang. Ia memelihara seekor kucing kampung berwarna hitam yang ia beri nama Blacky. Setiap hari Maulana selalu mengurus Blacky dengan penuh kasih sayang, mulai dari memberi makan dan minum sampai mengajak main bersama.

Kucing hitam tersebut awalnya merupakan seekor kucing liar yang terlantar di jalan, hingga Maulana menemukannya dan merawatnya dengan baik. Ketika ia menemukan Blacky, kondisinya kucing itu sangatlah memprihatinkan dengan tubuh kurus kering.

Setelah lebih dari satu tahun bersama Maulana, kini badan Blacky sudah berisi dan tampil kuat. Setiap hari setelah pulang sekolah, Blacky selalu duduk di teras rumah menyambut kedatangan Maulana.

Penjelasan:

Semoga membantu dan tidak terlalu membingungkan :D

[answer.2.content]