101 Labs for the Cisco CCNA Exam

101 Labs for the Cisco CCNA Exam

Kimia 5. Pernyataan di bawah ini yang tidak benar berkaitan dengan senyawa adalah.... A. Tersusun lebih dari satu zat tunggal B. Komposisi zat penyusunnya sembarang C. Bisa dipisahkan melalui reaksi kimia biasa D. Gula adalah salah satu contoh senyawa E. Perbandingan massa zat penyusunnya adalah tetap​

5. Pernyataan di bawah ini yang tidak benar berkaitan dengan senyawa adalah.... A. Tersusun lebih dari satu zat tunggal B. Komposisi zat penyusunnya sembarang C. Bisa dipisahkan melalui reaksi kimia biasa D. Gula adalah salah satu contoh senyawa E. Perbandingan massa zat penyusunnya adalah tetap​

Pernyataan yang tidak benar terkait dengan senyawa adalah komposisi zat penyusun-nya sembarang (opsi B). Jawaban ini tidak terkait dengan senyawa, karena komposisi dari senyawa tertentu di mana perbandingannya adalah tetap dan dinyatakan dengan bilangan bulat.

Pembahasan

Senyawa merupakan salah satu materi yang tersusun dari beberapa jenis zat atau unsur yang berbeda, misalnya adalah senyawa garam dapur dengan rumus NaCl dan gula sederhana seperti glukosa dengan rumus molekul C₆H₁₂O₆. Berikut adalah beberapa pernyataan yang benar terkait dengan senyawa :

  1. Senyawa merupakan materi yang terdiri dari satu atau lebih zat tunggal yang berbeda jenis dan sifat. Sifat dari senyawa terbentuk memiliki perbedaan yang cenderung signifikan dari zat tunggal penyusun-nya. Seperti senyawa NaCl yang berbentuk padatan dan sering dipakai sebagai bumbu masak, sedangkan molekul unsur Cl₂ berwujud gas dan beracun.
  2. Komposisi zat dalam senyawa memiliki perbandingan yang tetap dan dapat di-representasi-kan dengan bilangan bulat. Maka rumus senyawa tidak ada yang dituliskan dengan bilangan pecahan atau desimal seperti 0.5 atau ¹/₂.
  3. Senyawa dapat dipisahkan menjadi zat-zat tunggal penyusun-nya cukup melalui reaksi kimia biasa. Semisal air dengan rumus H₂O dapat dipisahkan unsur H dan O dengan reaksi kimia hidrolisis. Contoh reaksi pemisahan elemen H dari air :
    [tex]\bf 4H_2O+4e^- \longrightarrow 2H_2 +4OH^-[/tex]

Berikut beberapa contoh senyawa :

  1. Garam dapur
    Rumus kimia garam dapur adalah NaCl.
  2. Gula (sukrosa)
    Rumus kimia sukrosa adalah C₁₂H₂₂O₁₁.
  3. Metana
    Rumus kimia metana adalah CH₄.
  4. Asam format
    Rumus kimia asam format adalah HCOOH.
  5. Tawas
    Rumus kimia tawas adalah Al₂(SO₄)₃.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang enam contoh soal dan pembahasan terkait unsur, senyawa, dan campuran :
    https://brainly.co.id/tugas/51161389
  • Materi tentang contoh zat tunggal :
    https://brainly.co.id/tugas/51228309
  • Materi tentang perbedaan molekul dan senyawa :
    https://brainly.co.id/tugas/355779

______________

Detail jawaban

Kelas    : X
Mapel  : Kimia
Bab      : 1 - Materi
Kode    : 10.7.1

#SolusiBrainlyCommunity

[answer.2.content]